PKK Banten Gelar TOT Kader Imunisasi

| Senin, 20 Oktober 2008


Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer (TOT) Kader Imunisasi di Hotel Mahadria, Serang, Senin (20/10).
Pelatihan bagi para pelatih kader imunisasi ini ditujukan untuk meningkatkan cakupan imunisasi di Provinsi Banten yang saat ini dinilai masih tidak memenuhi standar nasional yaitu Lima Imunisasi Langsung (LIL).
"Kita sengaja melakukan ToT di Banten guna meningkatkan cakupan imunisasi yang standar cakupannya per-daerah harus 80,5 persen dari total ibu yang memiliki balita dibawah usia 1 tahun," ungkap Fungsionaris TP PKK) Pusat, Ratna Farida saat menjadi pembicara TOT.
Menurut Ratna, salah satu upaya untuk meningkatkan cakupan imunisasi adalah dengan melatih para kader PKK, bidan dan petugas kesehatan pada puskesmas dengan output para kader tersebut bisa melakukan advokasi dan mobilisasi massa menggalakkan imunisasi.
Program pelatihan itu digelar atas kerjasama TP PKK Banten dengan Millenium Coorporation Challenge Indonesia Imunitations (MCCI) yang membidani pelatihan di 7 provinsi se-Indonesia. dimana salah satunya di Provinsi Banten yang dinilai beberapa daerahnya masih belum memenuhi standar Lima Imunisasi Langsung (LIL).
"Banten secara umum memang sudah baik dalam cakupan imunisasinya. Namun ada daerah tertentu yang cakupannya masih di bawah target. Ini yang akan jadi perhatian untuk ditingkatkan," jelas Ratna.
Ditambahkan oleh Ketua TP PKK Banten, Dedeh HM Masduki (istri Wakil Gubernur Banten), peserta yang mengikuti pelatihan ini diharapkan dapat “menularkan” kepada kader posyandu dan lingkungan sekitar dengan memobilisasi ibu-ibu yang memiliki balita dibawah satu tahun agar tergerak melakukan imunisasi dasar yakni TBC, Difteri, Pertusis, Campak, Polio, Hepatitis B, Tetanus, Meningitis Men.

0 komentar: