Koki Nusantra Uji Resep Kuliner

| Minggu, 26 Oktober 2008


Sebanyak 33 koki atau penyaji masakan dari hotel, restouran dan sekolah terkemuka di Indonesia mengikuti lomba kuliner tingkat nasional di Supermal Lippo Karawaci, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Minggu (26/10).
Kompetisi kuliner digelar sebagai rangkaian acara Archipelago Fest 2008 untuk membuktikan bahwa koki (juru masak) dan masakan khas nusantara memiliki kualitas “mak nyus” dan tidak kalah dengan Eropa. Lebih dari itu, ditujukan untuk melestarikan budaya bangsa dan mengembangkan potensi kuliner nusantara.
Dari 33 peserta dibagi 2 kategori yaitu peserta profesional dan peserta non profesional. Peserta profesional ialah para koki dari hotel dan restouran di sekitar Jakarta dan Banten. Sedangkan untuk kategori non profesional berasal dari sekolah dan universitas yang memiliki jurusan bidang parawisata yang berada di sekitar Jakarta dan Banten.
“Juru masak Indonesia juga berkualitas dan tidak kalah dengan juru masak yang berasal dari Eropa dan Amerika,” tegas Panitia dan sekaligus Ketua Indonesia Chief Asosiation (ICA) Jakarta Hendry Syamsul kepada Tangerang Tribun disela-sela lomba.
Sementara masakan yang dilombakan ialah jenis makanan pembuka (main courrse) dan bebas. Sedangkan penilaian berdasar empat seri yaitu seri tester dan rasa, seri kecepatan penyajian, kreteativitas dan inovasi (termasuk kebersihan).

0 komentar: